Pengertian Transformasi Geometri
Transformasi geometri merupakan
suatu bangun geometri yang dapat diubah letaknya ataupun bentuknya. Sejalan
dengan itu, arti geometri dari suatu transformasi pada bidang adalah perubahan
letak atau perubahan bentuk dari suatu bangun geometri.
Transformasi digunakan untuk memindahkan suatu titik atau bangun
pada suatu bidang. Transformasi geometri adalah bagian dari geometri
yang membahas tentang perubahan (letak,bentuk , penyajian) yang
didasarkan dengan gambar dan matriks.
Pengertian Translasi
Translasi adalah transformasi yang memindahkan setiap titik pada bidang
menurut jarak dan arah tertentu. Jarak dan arah suatu transalasi dapat
dilambangkan dengan garis berarah misalnya
atau vektor
. Dalam definisi lain juga dikatakan
sbb: translasi (pergeseran) adalah pemindahan suatu objek sepanjang garis
lurus dengan arah dan jarak tertentu.
Jika translasi
memetakan titik p (x, y) dan p’(x’, y’) maka
x’= x + a dan y’= y + a maka jika aditulis dalam bentuk metriknya adalah
Sifat-sifat Translasi:
1.
Dua refleksi berturut-turut terhadap sebuah garis merupakan suatu
identitas, artinya yang direfleksikan tidak berpindah.
2.
Pengerjaan dua refleksi terhadap dua sumbu yang sejajar, menghasilkan
translasi (pergeseran) dengan sifat:
Ø
Jarak bangun asli dengan bangun hasil sama dengan dua kali jarak kedua
sumbu pencerminan.
Ø
Arah translasi tegak lurus pada kedua sumbu sejajar, dari sumbu pertama ke
sumbu kedua. Refleksi terhadap dua sumbu sejajar bersifat tidak komutatip.
3.
Pengerjaaan dua refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lurus,
menghasilkaan rotasi (pemutaran) setengah lingkaran terhadap titik potong dari
kedua sumbu pencerminan. Refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lures
bersifat komutatif.
4.
Pengerjaan dua refleksi berurutan terhadap dua sumbu yang berpotongan akan
menghasilkan rotasi (perputaran) yang bersifat:
Ø
Titik potong kedua sumbu pencerminan merupakan pusat perputaran.
Ø
Besar sudut perputaran sama dengan dua kali sudut antara kedua sumbu pencerminan.
Ø
Arah perputaran sama dengan arah dari sumbu pertama ke sumbu kedua.
Aplikasi Transformasi Geometri Terhadap Tempat Duduk
Siswa
1. Tempat Duduk Siswa
Tempat duduk
merupakan fasilitas atau barang yang diperlukan oleh siswa dalam proses
pembelajaran terutama dalam proses belajar di kelas di sekolah formal.tempat
duduk dapat mempengaruhi proses pembelajaran siswa, bila tempat duduknya bagus,
tidak terlalu rendah, tidak terlalu besar, bundar, persegi empat panjang,
sesuai dengan keadaan tubuh siswa. Maka siswa akan merasa nyaman dan dapat
belajar dengan tenang.
Bentuk dan
ukuran tempat yang digunakan bermacam-macam, ada yang satu tempat duduk dapat
di duduki oleh seorang siswa, dan satu tempat yang diduduki oleh beberapa orang
siswa. Sebaiknya tempat duduk siswa itu mudah di ubah-ubah formasinya yang
disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran. Untuk ukuran tempat
dudukpun sebaiknya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil sehingga mudah
untuk diubah-ubah dan juga harus disesuaikan dengan ukuran bentuk kelas.
Sebenarnya
banyak macam posisi tempat duduk yang bias digunakan di dalam kelas seperti
berjejer ke belakang, bentuk setengah lingkaran, berhadapan, dan sebagainga.
Biasanya posisi tempat duduk berjejer kebelakang digunakandalam kelas dengan
metode belajar ceramah. Dan untuk metode diskusi dapat menggunakan posisi
setengah lingkaran atau berhadapan. Dan sebagai alternatif penataan tempat
duduk dengan metode kerja kelompok atau bahkan bentuk pembelajaran kooperatif,
maka menurut Lie (2007: 52) ada beberapa model penataan bangku yang biasa
digunakan dalam pembelajaran kooperatif, diantaranya seperti:
§
Meja tapal kuda, siswa bekelompok di ujung meja
§ Penataan tapal kuda, siswa dalam satu kelompok
ditempatkan berdekatan
§ Meja Panjang
§ Meja Kelompok, siswa dalam satu kelompok ditempatkan
berdekatan
§ Meja berbaris, dua kelompok duduk berbagi satu meja
Dan masih
ada beberapa bentuk posisi tempat duduk yang dapat diterapkan dalam
pembelajaran kooperatif ini. Dalam memilih desain penataan tempat duduk perlu
memperhatikan jumlah siswa dalam satu kelas yang kan disesuaikan pula dengan
metode yang akan digunakan.
Hal yang
tidak boleh kita lupakan bahwa dalam penataan tempat duduk siswa tersebut guru
tidak hanya menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang digunakan saja. Tetapi
seorang guru perlu mempertimbangkan karakteristik individu siswa, baik dilihat
dari aspek kecerdasan, psikologis, dan biologis siswa itu sendiri. Hal ini
penting karena guru perlu menyusun atau menata tempat duduk yang dapat
memberikan suasana yang nyaman bagi para siswa.
Berbagai
persamaan dan perbedaan kepribadian siswa di atas, sangat berguna dalam
membantu usaha pengaturan siswa di kelas. Terutama berhubungan dengan masalah
bagaimana pola pengelompokan siswa dan penataan tempat duduk dengan metode
belajar kelompok guna menciptakan lingkungan belajar aktif dan kreatif,
sehingga kegiatan belajar yang penuh kesenangan dan bergairah dapat terlaksana.
Penempatan
siswa kiranya harus mempertimbangan pula pada aspek biologis seperti, postur
tubuh siswa, dimana menempatkan siswa yang mempunyai tubuh tinggi dan atau
rendah. Dan bagaimana menempatkan siswa yang mempunyai kelainan dalam arti
secara psikologis, misalnya siswa yang hiper aktif, suka melamun, dll.
2. Aplikasi Transformasi Geometri Terhadap Perpindahan
Tempat Duduk Siswa
Minggu lalu, Candra duduk di pojok kanan
baris pertama di kelasnya. Minggu ini, ia berpindah ke baris ketiga lajur
keempat yang minggu lalu ditempati Dimas. Dimas sendiri berpindah ke baris
kedua lajur kedua yang minggu lalu ditempati Sari. Perhatikan perpindahan
tempat duduk Candra dan Dimas ini.
·
Candra berpindah 2 lajur ke kiri dan 2 baris ke belakang. Saat berpindah
ini, Candra telah melakukan translasi 2 satuan ke kiri dan 2 satuan ke atas
yang ditulis sebagai
·
Kemudian, Dimas berpindah 2 lajur ke kiri dan 1 baris ke depan. Saat
berpindah ini, Dimas telah melakukan translasi 2 satuan ke kiri dan 1 satuan ke
bawah yang ditulis sebagai
·
Misalkan, tempat duduk Candra minggu lalu di titik N(a, b)
pada koordinat Cartesius. Dengan translasi
, diketahui tempat duduknya minggu ini
pada titik N ‘(a-2,b+2).
Sangat membantu :), saya mau tanya tentang titik koordinat yang berhubungan dengan transformasi matematika ini, gimana sih cara kerjanya? Terima kasih :)
BalasHapus